Peserta Paket C Membeludak

TERISI – Masyarakat di Kecamatan Terisi, khususnya yang terkendala melanjutkan jenjang pendidikan formal ke tingkat SLTA, menyambut antusias program Paket C yang digulirkan Pemkab Indramayu.

Buktinya, data yang diperoleh Radar dari UPTD Pendidikan Kecamatan Terisi, jumlah warga belajar (wb) program paket C khusus maupun terpadu, sudah mencapai 355 orang.
Warga belajar sebanyak itu tersebar di empat Tempat Kegiatan Belajar (TKB), di antaranya untuk program paket C khusus yaitu TKB Bina Lestari Desa Karangasem (87 wb), Weringin Jati SMPN 2 Terisi (159 wb), dan Wana Jaya SMPN 4 Terisi (34 wb).
Sedangkan untuk program paket C terpadu yang diselenggarakan oleh SMK Islam, jumlah wb sebanyak 75 orang. “Meskipun dari 75 wb itu, baru 30 orang yang dibiayai oleh pemerintah. Kami tidak bisa menolak ada warga yang memperoleh pendidikan paket C,” ungkap Penilik Dikmas UPTD Kecamatan Terisi Sinar Agung SPd MSi kepada Radar, Jumat (20/3) di ruang kerjanya.
Dijelaskan Agung, yang menjadi alasan masyarakat untuk mengikuti program paket C, adalah karena sudah menyadari pentingnya menuntut ilmu. Kemudian yang mendorong program itu begitu diminati, karena setiap wb dibantu biaya pendidikannya oleh Pemkab Indramayu masing-masing Rp750 ribu pertahun.
“Setelah dibuka kran program paket C oleh Pemkab Indramayu, jumlah wb terus meningkat. Termasuk program-program lainnya seperti keaksaraan fungsional maupun paket B,” terangnya. (kho)
Powered by Blogger.