K3S Sosialisasi dan Pelatihan Terpadu

SUKRA – Pengetahuan tenaga pendidik SD/MI di Kecamatan Sukra tentang Manajemen Berbasis Sekolah Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efekti dan Menyenangkan (MBS Pakem), flu burung maupun Rencana Kerja Sekolah (RKS), masih terbilang minim.

Menyadari hal itu, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) bersama UPTD Pendidikan Kecamatan Sukra, menyelenggarakan sosialiasai dan pelatihan terpadu tentang ketiga hal tersebut selama tiga hari mulau Rabu sampai Jumat (25-27/2) bertempat di SDN Sukra Wetan 1.
Kegiatan yang dibuka Rabu (25/2) oleh Camat Sukra Mulya Sedjati SE serta dihadari oleh Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Sukra Drs H Aripin tersebut, diikuti sebanyak 69 peserta terdiri dari 23 guru kelas III, 23 guru kelas VI dan 23 Kepala SD/MI se-Kecamatan Sukra.
Dalam laporannya, ketua panitia H Suhyana SPd memaparkan, selama mengikuti kegiatan, para peserta akan mendapatkan materi dari para nara sumber yang berkompeten. Di hari pertama, materi yang disampaikan diantaranya kebijakan umum bidang pendidikan oleh Drs H Aripin, pembelajaran Pakem oleh Kardi SPd, serta kurikulum 2006/KTSP oleh M Satari SPd.
“Dengan mengikuti kegiatan ini para peserta diharapkan dapat melaksanakan MBS dengan menitikberatkan peran serta masyarakat. Serta mampu menyusun kurikulum sendiri dengan mengintregasi flu burung disetiap satuan pendidikan masing-masing,” jelas Suhyana.
Sementara itu Camat Sukra Mulya Sedjati SE dalam sambutannya mengatakan, kemampuan kepemimpinan dan manajemen sekolah dari para guru maupun Kepsek harus terus ditingkatkan.
“Tidak sekedar mencari kredit point untuk kelengkapan sertifikasi, tapi juga harus ada niat meningkatkan mutu pendidikan sehingga murid menjadi betah dan orang tua siswa lebih percaya terhadap sekolah” tandas Mulya. (kho)
Powered by Blogger.