Bangun Kantor Baru Hasil Swadaya Senilai Rp160 Juta

Upaya Badan Amil Zakat Haurgeulis Kembangkan Agama
Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Haurgeulis, berhasil membangun sebuah kantor baru senilai Rp160 juta. Gedung yang terletak di tepi jalan KH Ahmad Dahlan atau tepatnya di belakang kantor UPTD Pendidikan Kecamatan Haurgeulis itu, dibangun atas dana swadaya masyarakat.

LAPORAN: KHOLIL IBRHAIM DARI HAURGEULIS
SELAIN
sebagai tempat aktivitas para pengurus BAZ tingkat kecamatan, gedung yang rencananya akan diresmikan oleh Bupati Indramayu H Irianto MS Syafiuddin (Yance) tersebut, dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan bidang keagamaan.
Sekretaris Daerah (Sekda) Dra Hj Srie Indrawati MM berkesempatan meninjau serta melihat langsung bangunan kantor BAZ Kecamatan Haurgeulis, Senin (23/2) usai penyerahan bantuan dari BAZ Kabupaten Indramayu yang bertempat di aula kantor Kecamatan Haurgeulis.
Dalam kesempatan itu, Sekda Srie didampingi Ketua BAZ Indramayu Drs H Sadeli, Ketua Umum MUI Kabupaten Indramayu Kyai Ahmad Jamali, dan Asda II Drs Ari Nurzaman, juga melakukan dialog dengan Camat Haurgeulis Drs Nuradi Msi, serta Ketua BAZ Kecamatan Haurgeulis KH Achmad Djunaedi Baedlowi.
Sekda Srie mengaku bangga atas upaya dan terobosan Pemcam dan BAZ Kecamatan Haurgeulis dalam memberdayakan potensi zakat yang berasal komponen masyarakat. “Kalau saja semua masyarakat Indramayu menyadari potensi yang bisa dikembangkan dari dana zakat yang terkumpul, maka semua permasalahan kemasyarakatan akan terproteksi sehingga kehidupan rakyat akan semakin sejahtera,” katanya.
Sebab, dana yang terkumpul melalui BAZ bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan terutama bagi masyarakat yang berhak. “Tentu kita berharap, masyarakat yang mampu dari segi ekonomi dapat menyisihkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada warga lain yang masih sangat kekurangan,” harapnya.
Camat Haurgeulis Drs Nuradi MSi mengatakan, pihaknya bersama pengurus BAZ tingkat kecamatan terus berupaya mendongkrak semangat dan meningkatkan budaya warga yang mampu untuk berzakat.
“Alhamdulillah, meski lingkupnya masih terbatas, perolehan zakat mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” terangnya. Dari dana yang terkumpul di BAZ, semua kekurangan yang terproteksi dapat ditutupi.
Sementara itu, dalam acara penyerahan bantuan, Ketua BAZ Kabupaten Indramayu Drs H Sadeli menyalurkan bantuan beras sebanyak 1 ton bagi masyarakat yang membutuhkan. Bantuan lainnya, berupa dana rehab rumah keluarga miskin (gakin), dan plesterisasi. (kho)
Powered by Blogger.