Pesanan Kaos Partai Politik Sepi

SUKRA–Tiga bulan menjelang dihelatnya Pemilu Legislatif 2009 ternyata belum berimbas positif bagi para pengusaha yang bergerak di bidang konveksi. Sebanyak 9 perusahaan konveksi kaos di wilayah Kecamatan Sukra dan Patrol rata-rata masih sepi order pesanan bendera parpol maupun baju dan kaos parpol.

Pemilik perusahaan konveksi Putri Diana Sukra, Sudarto (33) mengaku, dibanding pemilu periode lalu, untuk Pemilu 2009 pesanan dari parpol maupun caleg menurun drastis. “Tidak tahu juga kenapa bisa begini. Katanya parpol memesan langsung ke luar daerah. Nyari yang harganya miring karena ordernya partai besar. Sebab kalau di sini biayanya agak mahal,” ujar pria gemuk yang akrab disapa Darto ini.
Kalaupun ada, ungkap Darto, pesanan kaos berasal dari para caleg yang sudah dikenalnya sejak lama. Meski demikian jumlahnya tidak terlalu besar. “Pemilu 2004 lalu pesanan kaos mencapai 50 ribu potong. Untuk sekarang baru 4 ribu potong. Itu pun caleg kawan lama yang pesan,” ujar bapak 3 orang anak ini.
Harga perpotong kaos, sebut Darto, bervariasi. Untuk jenis bahan haiget puring dibandrol Rp6000 per potong. Sedangkan jenis haiget super Rp10 ribu perpotong. “Dua jenis bahan itu yang jadi pilihan. Harganya murah, tapi kulaitasnya cukup bagus,” terangnya.
Kendati sepi order atribut Pemilu, seluruh karyawannya yang berjumlah 20 orang masih tetap mengerjakan pesanan kaos untuk umum. Hanya saja, dirinya sangat menyayangkan parpol maupun caleg lebih memilih pesan atribut ke luar daerah. (kho)
Powered by Blogger.