Hadapi La Nina, Warga di Indramayu Diminta Waspada

Kondisi banjir di Jatibarang Baru, Kecamatan Jatibarang

Indramayu - Kabupaten Indramayu termasuk daerah yang berpotensi terpengaruh La Nina pada musim penghujan kali ini. Kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi harus dilakukan.

Sekretaris BPBD Kabupaten Indramayu, Caya, menyebutkan, berdasarkan informasi dari BMKG Kertajati, Majalengka, pengaruh La Nina di Kabupaten Indramayu di kisaran 20-70 persen. ‘’Petugas harus siap siaga dan mempersiapkan segala peralatan yang dimiliki,’’ kata Caya, akhir pekan kemarin.

Petugas  juga diminta bersiaga 24 jam secara bergantian dan mengidentifikasi lokasi titik kritis di lapangan berdasarkan penelusuran dan laporan dari masyarakat. Petugas di lapangan pun diminta untuk mengerahkan seluruh kemampuannya dalam mengatasi titik bencana.

Mengenai titik tanggul kritis, di Kabupaten Indramayu terdapat 27 titik kritis yang berpotensi banjir di musim penghujan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 11 titik sudah berhasil dilakukan perbaikan. Sedangkan 16 titik lainnya, masih dalam proses pengerjaan oleh BBWS Cimanuk-Cisanggarung. 

Caya mengatakan, pihaknya akan mengaktifkan dan memaksimalkan embung-embung dan bendungan untuk menampung debit air hujan. Dia pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama memiliki kesadaran menjaga lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.


PANDAWA INTERNET INDRAMAYU
Penulis : Lilis Sri Handayani
Sumber : Republika
Powered by Blogger.