Kapal Terbalik, Dua Nelayan Warga Indramayu Hilang di Perairan Teluk Jakarta


Indramayu - Dua nelayan asal Kabupaten Indramayu, menjadi korban hilang dalam insiden kapal terbalik di perairan Teluk Jakarta pada Selasa, 14 September 2021.

Kepastian hilangnya dua nelayan Indramayu disampaikan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) yang sedang melakukan pencarian terhadap tiga nelayan KM Elang, dua diantaranya asal Indramayu.

Satu warga Indramayu lain, yakni Ale (34) yang merupakan nahkoda KM Elang asal Kecamatan Kandanghaur, dikabarkan selamat.

KM Elang mengangkut 10 anak buah kapal (ABK) dan dilaporkan tenggelam di Teluk Jakarta. Para ABK berasal dari Indramayu, Cirebon, Majalengka, Bandung, Nusa Tenggara Timur dan Bogor.

Diperoleh informasi, KM Elang terbalik di dekat perairan Pulau Damar Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta. KM Elang betolak dari Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, untuk mencari ikan.

Namun baru sampai Pulau Damar, KM Elang dihantam golombang besar lalu terbalik. Beberapa saat kemudian, ada kapal nelayan lain, KM Tanto Setia, yang melihat KM Elang terbalik.

Enam ABK berhasil diselamatkan oleh awak KM Tanto Setia. Kapten KM Tanto Setia kemudian melaporkan KM Elang yang terbalik kepada otoritas setempat.


"Ada enam nelayan yang berhasil diselamatkan. Satu orang ditemukan oleh personel Polres Kepulauan Seribu sudah meninggal dunia, sehingga tersisa tiga nelayan yang masih dalam pencarian," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC), Hendra Sudirman, kepada awak media, Rabu 15 September 2021.

Berikut daftar korban selamat, meninggal dunia dan hilang :

- Korban Selamat,
1. Nama : Ale (34 tahun / Nahkoda)
Alamat : Kecamatan Kadanghaur, Kabupaten Indramayu
2. Nama : Cecep (18 tahun / ABK)
Alamat : Majalaya, Bandung
3. Nama : Mulyana (31 tahun / KKM)
Alamat : Penggung Utara, Harjamukti, Cirebon
4. Nama : Gito (39 tahun / ABK)
Alamat : Ciparay, Bandung
5. Nama : Danial Manuate (25 tahun / ABK)
Alamat : Sumba, NTT
6. Nama : Muhammad Kadiman (24 tahun / ABK)
Alamat : Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka.

- Korban meninggal dunia :
1. Nama : Adam (19 tahun / ABK)
Alamat : Bogor

- Korban dalam pencarian:
1. Nama : Abdul Malik (20 tahun / ABK)
Alamat : Banjaran, Bandung
2. Nama : Arif (27 tahun / ABK)
Alamat : Indramayu
3. Nama : Agus (19 tahun / ABK)
Alamat : Indramayu.

Sampai berita ini diturunkan, upaya pencarian masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.

"Benar, ada warga Indramayu yang menjadi korban kapal terbalik di Teluk Jakarta. Upaya pencarian masih dilakukan. Doakan saja yang terbaik untuk para nelayan yang masih dalam pencarian," ungkap Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu, Edi Umaedi, Rabu, 15 September 2021.***


NASI JINGGO LENYOOK
Penulis : Hendra Sumiarsa
Powered by Blogger.