Header Ads

Daniel Golkar Indramayu Cirebon

Tanggul Cimanuk Ambles, Rumah Warga Kongsijaya Retak-Retak


Indramayu - Warga di Blok Mawar dan Remis Desa Kongsijaya, Kecamatan Widasarai, Kabupaten Indramayu, waswas. Pasalnya, rumah mereka retak-retak akibat tertarik Tanggul Cimanuk yang ambles lebih dari dua meter.Warga berharap, BBWSCC dapat melakukan perbaikan tanggul agar tak lagi membuat warga selalu khawatir akan keselamatan mereka. Salah seorang warga di Blok Mawar, Mukromin (65) mengatakan, rumahnya terkena dampak amblesnya tanggul.

Mukromin mengaku, dirinya bersama enam warga lainnya selalu waswas saat Sungai Cimanuk meluap. Khawatir tanah tanggul akan kembali ambles. Sehingga tanah rumahnya ikut bergeser dan menimbulkan retakan yang lebih besar.“Tanah tanggul dengan pemukiman rumah warga jaraknya hanya tidak lebih dari 2 meter. Sehingga ketika tanggul ambles dampaknya sangat dirasakan warga sekitar tanggul,” ungkapnya kepada Radar, kemarin.Dirinya khawatir, jika tidak ditangani secara cepat dan tepat, imbasnya bisa semakin parah. Warga lainnya, Sukarya (50) mengatakan, tanggul ambles sudah sampai berdampak pada pemukiman warga. Untuk itu, dirinya berharap instansi terkait dapat melakukan upaya perbaikan agar tanggul tak terus ambles.

“Sisa tanah Tanggul Cimanuk sampai ke pemukiman warga paling tinggal 1 meter dari tanggul yang dibangun, jika ada tanah yang amblasnya lebih dari 1 meter dari tanggul yang dibangun secara permanen, itu dapat dipastikan tanah milik warga,” tuturnya.Sementara itu, Kuwu Kongsijaya, Sutarjo mengatakan, terus melakukan pemantaun terhadap kondisi Tanggul Cimanuk. Selain itu, juga terus melakukan koordinasi dengan BBWSCC dan BPBD Kabupaten Indramayu, sebagai langkah antisipasi terjadi dampak yang lebih parah.“Kami juga mengimbau warga untuk selalu waspada dan melaporkan kepada pemerintah desa apabila terkait dampak dari amblesnya tanggul Ciamnuk,” katanya. 


Penulis : Oni/Radar

No comments

Powered by Blogger.