Header Ads

postimage

Pemdes Bugel Proyeksikan Pembangunan Akses Jalan Menuju SMKN 1 Patrol


INDRAMAYU - Pemerintah Desa (Pemdes) Bugel Kecamatan Patrol, kembali mengusung program pembangunan infrastruktur tahun 2017, dengan memproyeksikan sejumlah ruas jalan desa dengan skala prioritas yang mengarah pada peningkatan program IPM yang salah satunya adalah pendidikan di samping faktor kesehaan dan ekonomi atau daya beli masyarakat.

Dan untuk sektor pendidikan, Pemdes Bugel memproyeksikan pembangunan akses masuk SMKN I Patrol dengan ruas jalan sekitar 460 meter dari jalan raya menuju lembaga pendidikan kejuruan tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Desa Bugel, Ansori, melalui Sekdes Bugel, Cargi, ketika melakukan pengukuran jalan bersama Sekcam Patrol, Udi Mashudi, Kepala UPT Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PKP2) Kecamatan Patrol, Dedi Irawan, Wakasek Sarpras SMKN I Patrol, Nana Refliana serta sejumlah perangkat desa setempat, Selasa (17/1).

Menurut Cargi, keberadaan SMKN I Patrol yang berkedudukan di desanya telah memberi peluang yang cukup signifikan bagi masyarakat Desa Bugel karena dengan adanya sekolah lanjutan yang letaknya lebih dekat dengan tempat tinggal lebih mempermudah untuk menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi khususnya kejuruan.

“Kami mencoba untuk lebih memblow-up keberadaan SMKN I Patrol dengan memperbaiki akses jalan menuju sekolah tersebut sehingga akan membantu terselanggaranya proses pendidikan yang masih terkendala akibat kondisi jalan yang kurang baik,” ujarnya.

Kepala UPT PKP2 Kecamatan Patrol, Dedi Irawan, mengatakan, pihaknya akan membuat perencanaan tentang rencana revitalisasi jalan SMKN I Patrol sebagai bentuk keseriusan kerjasama antar institusi pemerintah dalam menyusun program pembangunan ke depan sebagai wujud sinergitas di tataran Muspika Patrol.

“Kami akan membuat draf RAB untuk ruas jalan sepanjang 460 meter dengan lebar 5,5 meter untuk kelengkapan pengajuan sesuai dengan skala kebutuhan pembangunan yang ada di tingkat desa dan untuk ruas jalan SMKN I Patrol akan dilakukan peningkatan jalan berupa pengaspalan dengan kualitas hotmix,” terangnya.

Di tempat yang sama, Sekcam Patrol, Udi Mashudi menjelaskan, Pemcam Patrol selaku kepanjangan tangan bupati akan terus memfasilitasi segala bentuk permohonan untuk kemudian dilanjutkan ke Pemda Indramayu sesuai dengan aspirasi yang diajukan masyarakat melalui lembaga atau institusi yang ada di wilayah kerjanya.

“Rencana rehabilitasi akses jalan menuju SMKN I Patrol merupakan progress yang cukup baik guna mendorong peningkatan mutu pendidikan yang mengarah pada pencapaian target IPM di wilayah Kecamatan Patrol disamping memberikan kenyamanan bagi siswa maupun tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di sekolah tersebut,” tandasnya.

Sementara Wakasek Bidang Sarana Prasarana (Sarpras) SMKN I Patrol, Nana Refliana, mengakui kondisi jalan yang kurang baik merupakan salah satu kendala yang dapat menghambat penerepan kedisplinan karena sebagian peserta didik di sekolahnya kerap dijadikan alasan terutama pada saat musim penghujan dengan kondisi jalan yang dipenuhi genangan air.

“Kami berharap rencana perbaikan jalan menuju SMKN I Patrol sebagai sebagai satu-satunya akses, dapat segera terwujud sehingga akan lebih mendukung pengembangan sekolah sesuai dengan program pendidikan yang diselenggarakan guna menyselaraskan konsep inovatif yang kami bangun untuk kemajuan pendidikan,” paparnya. 


Penulis : Robi Cahyadi
Powered by Blogger.