Header Ads

postimage

Harga Cabai Merah di Pasar Indramayu "Ganti Harga"


Indramayu - Harga kebutuhan pokok seperti cabai dan bawang merah di pasar Tradisional Kabupaten Indramayu, Jawa Barat melonjak drastis. Kenaikan kedua komoditas tersebut hingga dua kali lipat dari harga sebelumnya.

Harga cabai rawit di daerah ini dijual seharga Rp70.000 per kilogram (kg). Kenaikan harga tersebut ditengarai akibat petani mengalami gagal panen karena cuaca buruk.

Di pasar tradisional Kota Indramayu, harga cabai rawit Rp70.000 per kg dari sebelumnya Rp20.000 sampai Rp30.000 per kg. Harga Cabai merah kriting dari Rp30.000 per kg menjadi Rp51.000 per kg dan harga bawang merah yang sebelumnya Rp25.000 per kg, kini dijual dengan harga Rp37.000 per kg.

Menurut pedagang setempat, kenaikan harga kembutuhan pokok seperti semua jenis cabai dan bawang merah ini terjadi sejak dua pekan terakhir. Namun, melonjak signifikan sejak empat hari terakhir.

Selain itu, lonjakan harga juga terjadi akibat pasokan dari tingkat petani menurun dratis lantaran gagal panen akibat cuaca buruk. Harga cabai diprediksi akan terus melambung tinggi, mengingat curah hujan di Pulau Jawa masih kerap terjadi. Hal ini mengakibatkan tanaman cabai dan bawang merah terendam banjir dan membusuk. 


Penulis : Toiskandar
Powered by Blogger.