Hutan Kayu Putih, Primadona Baru Tujuan Wisata Indramayu


Indramayu - Hutan Kayu Putih yang berlokasi di Jalan Pahlawan Indramayu, resmi menjadi hutan kota atau ruang terbuka hijau yang sekaligus menjadi tempat wisata alam, rekreasi, olahraga, penelitian, pendidikan, pelestarian plasma, dan budidaya hasil hutan bukan kayu.

Pencanangan tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi dalam acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional 2016, Selasa (6/12). Acara tersebut juga dihadiri perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua DPRD Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Drs H Munjaki MSi, serta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Indramayu.

Wabup Supendi menjelaskan, keberadaan hutan kota Kayu Putih ini diharapkan bisa menjadi sarana bagi masyarakat untuk semakin mencintai lingkungan sekitarnya. Apalagi dengan lokasinya yang berada di tengah kota diharapkan bisa menjadi arena rekreasi keluarga dan juga bermain anak.

“Hutan kota ini akan kita lengkapi fasilitasnya secara bertahap. Jika melihat luasnya, sangat memungkinkan untuk terus dikembangkan, semisal dengan menambah track untuk berjalan, perahu untuk di kolam maupun sarana penunjang lainnya seperti MCK dan lainnya,” tegas wabup.

Wabup menambahkan, dengan Gerakan HMPI dan BMN ini diyakini akan mampu menyelematkan lingkungan dari bahaya bencana alam. Mewariskan lingkungan yang asri bagi generasi mendatang sangat penting, untuk itu harus segera mengembalikan fungsi lingkungan ke fungsinya semula.

Sementara Kepala Dishutbun Kabupaten Indramayu, Drs H Munjaki MSi mengatakan, gerakan menanam pohon ini sudah dilaksanakan beberapa tahun lalu melalui Gerakan Indramayu Menanam(GRIM) selanjutnya sebagai keberlangsungan program tersebut juga telah dikeluarkan Surat Bupati Nomor 522.5/687.a/Hutbun.

Puncak peringatan HMPI dan BMN tahun 2016 tingkat Kabupaten Indramayu dimeriahkan pula dengan lomba Fotografi dan lomba mewarnai bagi anak-anak PAUD/TK serta dihadiri oleh ratusan peserta.


Penulis : Oet
Powered by Blogger.