Header Ads

postimage

Insiden Venue PON Balongan, Perahu Tamu VIP Karam Penumpang Panik


Indramayu - Insiden perahu karam mewarnai hari terakhir lomba cabang olahraga layar Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016. Perahu khusus tamu VIP bocor dan tenggelam di venue lomba di perairan Pantai Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Selasa (27/9/2016).

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun tamu penting seperti Wakil Ketua Umum III PB Porlasi, Laksamana TNI AL Joni Awuy, pimpinan KONI Kepulauan Riau dan Banten, serta undangan lainnya, termasuk mantan atlet layar putri Jawa Barat, Dian Ursula Maria, yang menumpangi kapal tersebut sempat panik sebelum berhasil di evakuasi.

Dian Ursula menuturkan kronologi persitiwa tersebut. Menurut Dian, sekitar pukul 14.00 WIB, dia bersama sejumlah tamu menaiki perahu wisata milik Disbudpora Kabupaten Indramayu yang khusus disiapkan mengangkut tamu VIP ke tengah laut untuk menyaksikan jalannya lomba. Ada 12 penumpang di perahu berkapasitas 15 orang  tersebut.

Namun, di tengah perjalanan tiba-tiba ada air masuk ke buritan. Para tamu yang semula berada di belakang sempat panik. Apalagi, air kian banyak yang masuk dan kapal mulai miring. “Saya sempat lari ke depan perahu untuk mengimbangi. Saat itu bagian belakang sudah mulai tenggelam. Saya minta pertolongan ke perahu-perahu juri,” ujar Dian seperti dilansir laman resmi PON XIX (pon-peparnas2016jabar.go.id).

Begitu menerima laporan, dengan segera perahu-perahu juri yang ada di lokasi untuk mengawasi para atlet yang bertanding, menuju lokasi perahu VIP yang mulai tenggelam. Beruntung, para atlet layar sebagian besar sudah mengakhiri lomba dan dalam perjalanan menuju daratan.

Para penumpang segera dievakuasi dengan perahu-perahu juri yang langsung merapat. Setelah menyelamatkan penumpang, perahu VIP itu ditarik ke Pantai Balongan. Namun, belum sampai ke daratan, perahu lebih dulu tenggelam dan karam di sekitar pantai.


Penulis : Shalahuddin
Powered by Blogger.