Header Ads

postimage

Fraksi PDIP DPRD Indramayu Juga Dorong Pemekaran Inbar


Indramayu - Fraksi PDI Perjuangan DPRD Indramayu mendorong rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Indramayu Barat.

Anggota Fraksi PDIP Liyana Listia Dewi mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Indramayu harus serius memperjuangkan pemekaran Indramayu Barat yang saat ini masih diperjuangkan oleh masyarakat Indramayu yang tergabung dalam Panitia Pemekaran Indramayu Barat (PPIB), melalui pangalokasian anggaran yang jelas.

“Kami mendorong terwujudnya pemekaran Indramayu Barat. Untuk itulah hal ini harus didukung dengan anggaran yang spesifik,” kata Liyana, saat membacakan laporan hasil reses Fraksi PDIP, kemarin.

Dikatakan, Kabupaten Indramayu yang memiliki wilayah geografis sangat luas memang sudah layak dimekarkan. Apalagi rencana pemekaran ini sebenarnya juga sudah mendapat persetujuan dari DPRD Indramayu periode yang sudah lalu. Dengan pemekaran, ujarnya, diharapkan pelayanan terhadap masyarakat yang ada di wilayah Indramayu barat bisa lebih maksimal.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Indramayu Ruslandi SH juga menyatakan siap mendorong terwujudnya pemekaran Indramayu Barat. Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu ini bahkan berharap agar pemekaran jangan dilihat secara politis. Karena tujuan pemekaran itu sendiri adalah untuk kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita berpikir bahwa pemekaran semata-mata demi sejahteranya rakyat, dengan mendirikan penyelenggaraan rumah tangga pemerintahan baru. Ini untuk menjawab sejumlah persoalan masyarakat wilayah Indramayu bagian Barat, yang sampai hari ini tertinggal dan rendah perhatian,” ujarnya.

Hanya saja, lanjut Ruslandi, harus diperhatikan tahapan-tahapan secara prosedural, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang baru. Dikatakan, pemekaran atau pembentukan daerah otonom baru adalah suatu keniscayaan seiring perkembangan jaman, tingkat akselerasi kehidupan di berbagai bidang, dan populasi penduduk.

“DPRD Indramayu akan konsisten merealisasikan rencana pembantukan DOB, sepanjang ditempuh dengan proses yang baik dengan persiapan-persiapan yang matang. Karena dampaknya pasti kepada masyarakat dan pembangunan kedepan. Pokoknya kalu demi kesejahteraan masyarakat dan dilakukan sesuai prosedur, kami sangat mendukung,” tandasnya.


Penulis : Oet
Sumber : Radar Cirebon
Powered by Blogger.