Header Ads

postimage

Anna Sophanah dan Supendi Kembali Menangkan Pilkada Indramayu

Indramayu - Hasil Quick Count (hitung Cepat) Pilkada Indramayu, Jawa Barat  yang dilakukan Citra Komunikasi  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan, pasangan Cabup dan Cawabup  Hj.Anna Sophanah – H.Supendi (ANDI) meraih 55,13 persen suara dan pasangan  Toto Sucartono – Rasta Wiguna (TORA) meraih 44,87 persen suara.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi Lingkaran Survey Indonesdia (LSI) Denny JA, Izul Fatah  Rabu (9/12) sore pukul 16:00 WIB  mengemukakan, Cabup Hj.Anna Sophanah yang berpasangan dengan Cawabup H.Supendi kembali terpilih untuk periode kedua pada Pemilukada serentak 9 Desember 2015.

Menurut Izul Fatah, quick count menggunakan metodologi standar, multistage random sampling dengan jumlah pemilih 1.383.808 yang tersebar di 2.781 TPS. Dari jumlah sampel pemilih tersebut dialokasikan ke 218 sampel TPS yang dipilih secara acak.

“Hasil hitung cepat diambil setelah data masuk mencapai 100 persen dengan margin of error plus-minus 1 persen. Adapun tingkat partisipasi pemilih (VTO) sebesar 59,80 persen, data tersebut sudah cukup menggambarkan perolehan suara keseluruhan dengan pemenang pasangan Anna  Sophanah – H.Supendi. Meski hasil akhir penghtiunga resmi masih menunggu rekapitulasi yang akan dilakukan KPUD Indramayu,” ujarnya.

Mengenai kenapa pasangan Hj.Anna Sophanah – H.Supendi unggul dari pasangan Toto – Rasta, menurut analisis LSI berdasarkan survey dua bulan sebelumnya, ada 4 alasan. Pertama, baik Hj.Anna maupun H.Supendi memiliki modal tingkat pengenalan dan kesukaan yang cukup tinggi. Yaitu Hj.Anna Sophanah  94 persen (pengenalan) dan 78,8 (kesukaan). Sementara wakilnya, H.Supendi sudah dikenal 40,1 persen dan dusikai 60,4 persen.

Kedua, Hj. Anna Sophanah memiliki pemilih militant (strong supporter) yang cukup tinggi 29,8 persen,  kompetitornya memiliki pemilih militant 14,2 persen. Ketiga, sebagai incumbent Anna memiliki tingkat kepuasan publik atas kinerjanya sebesar 64,7 persen dengan tingkat menginginkan kembali sebesar 58,7 persen. Keempat, dukungan terhadap Hj.Anna Sophanah juga relative tersebar secara merata di seluruh segmen demografis baik segmen gender, suku, agama, tingkat pendidikan, penghasilan dan pemilih partai.


Penulis : Taryani
Sumber : Poskota
Powered by Blogger.