Header Ads

postimage

Pemkab Indramayu Usulkan Kecamatan Losarang Gantikan Cilamaya

Indramayu - Pemkab Indramayu mengusulkan Kecamatan Losarang sebagai pengganti lokasi pelabuhan yang batal dibangun di Cilamaya, Kabupaten Karawang. Pemkab berharap Pemerintah Pusat bisa menyetujui usulan tersebut

Usulan mengenai lokasi pengganti Cilamaya di Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu itu disampaikan Bupati Indramayu, Anna Sophanah, saat menerima kunjungan kerja anggota DPD RI asal Provinsi Jawa Barat, Eni Sumarni, di Ruang Dalam Pendopo Indramayu, Kamis (23/4).

"Sejak 2010 lalu, Pemkab Indramayu sudah melakukan pengkajian untuk pembangunan pelabuhan itu,’’ kata Anna.

Berdasarkan hasil kajian, Kecamatan Losarang, tepatnya di Desa Cemara Kulon, sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pelabuhan. Desa dan kecamatan tersebut sangat strategis karena memiliki cekungan bila dibandingkan dengan Kecamatan Kandanghaur yang berada di sebelah barat dan Kecamatan Cantigi yang berada di sebelah timur.

Selain itu, lanjut Anna, akses untuk menuju Desa Cemara Kulon dari jalur pantura hanya delapan kilometer. Kondisi jalannya pun telah mulus karena sudah dibeton dengan lebar enam meter. Sedangkan dari jalan beton menuju bibir pantai hanya berjarak 2,5 kilometer, yang sebagian besar merupakan areal empang dan tanah Perhutani.

"Tak hanya akses yang sudah tersedia dan kondisi wilayah yang sangat memungkinkan untuk dijadikan sebagai pelabuhan, Desa Cemara Kulon jika dihitung dari pintu keluar jalan tol di Desa Cikamurang hanya berjarak 30 kilometer,’’ tegas Anna.

Sementara itu, anggota DPD RI asal Provinsi Jawa Barat, Eni Sumarni, menyambut baik kajian yang telah dilakukan oleh Pemkab Indramayu sejak 2010. Menurutnya, keinginan Pemkab Indramayu tersebut akan segera disampaikan dan dibahas dengan anggota DPD lainnya.

"Hal itu juga akan segera disampaikan kepada jajaran eksekutif dan mitra kerja," kata Eni.

Eni menyatakan, jika memang Kecamatan Losarang cocok dan sangat memungkinkan untuk dibangun pelabuhan, pihaknya sangat mendukung karena keberadaan pelabuhan di lokasi itu akan memiliki banyak efek positif bagi pembangunan masyarakat di sekitarnya.

"Aspirasi ini segera kami tindaklanjuti agar pemerintah mau mendengarkan suara dari daerah," tegas Eni.

Sebelumnya, sebagai bentuk keseriusan Pemkab Indramayu, Wakil Bupati Indramayu, Supendi bersama dengan Bappeda dan Camat Losarang, telah melakukan peninjauan langsung ke lokasi tersebut, Selasa (21/4) lalu.



Penulis: Lilis Handayani
Sumber:REPUBLIKA.CO.ID

No comments

Powered by Blogger.