Header Ads

postimage

Jumlah TKI Asal Indramayu Bertambah 8,12%

Indramayu - Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Indramayu Jawa Barat pada 2014 lalu mencapai 19.428 orang atau naik sekitar 8,12% dari jumlah TKI pada 2013 lalu yang hanya mencapai 17.849 orang.

Pekerja informal mendominasi dibanding pekerja formal dari jumlah TKI dari Kabupaten Indramayu yang tersebar di sejumlah negara khususnya negara-negara Asia.

Kepala Seksi Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indramayu Sumarno mengatakan TKI  dari Indramayu kebanyakan bekerja di sektor informal, adapun TKI yang memiliki status pekerja formal jumlahnya sedikit.

Dia menturkan pekerja informal adalah mereka yang bekerja di tempat milik perorangan seperti jadi pembantu rumah tangga, sedangkan pekerja formal adalah mereka yang bekerja di perusahaan berbadan hukum.

“Pekerja informal jumlahnya mencapai 90% lebih dari total TKI dari Kabupaten Indramayu sisanya bekerja di sektor formal,” katanya, Jumat (06/02/2015).

Sumarno mengungkapkan terkait masalah perlindungan dan bantuan hukum jika terjadi masalah pada TKI, mereka yang bekerja di sektor formal lebih mudah diselesaikan dibanding yang bekerja di sektor infromal.

“Cukup sulit menyelesaikan masalah TKI yang bekerja di sektor informal karena mereka bekerja di tempat milik personal dan jumlahnya sangat banyak,” ujarnya. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.