Header Ads

postimage

Produktivitas Kedelai Indramayu di Atas Nasional

Indramayu - Tingkat produktivitas kedelai di Indramayu saat ini berada di atas rata-rata nasional. Per hektarnya, produktivitas kedelai di Indramayu sebanyak 2,2 ton, sedangkan rata-rata produktivitas kedelai secara nasional adalah 1,48 hektare. Namun demikian, secara makro, Indonesia masih mengalami keterbatasan pasokan kedelai.

Direktur Tanaman Kacang dan Ubi, Dirjen Tanaman Pangan, Kementrian Pertanian, Maman Suherman mengatakan hal tersebut dalam Panen Raya Kedelai Program TNI AD Mendukung Ketahanan Pangan Tahun Anggaran 2014, di Desa Bantar Waru, Blok Walahar, Kecamatan Gantar, Selasa (16/9/2014).

Dia menyebutkan, meski tingkat produktivitas kedelai di Indramayu tinggi, namun bila dilihat secara makro, pasokan kedelai untuk memenuhi kebutuhan masih sangat kurang. Secara nasional, menurut Maman, kebutuhan konsumsi kedelai adalah 2 juta ton. Sementara pasokan yang tersedia baru 800 ton.

Oleh sebab itu, perluasan lahan untuk mendukung peningkatan produksi kedelai perlu terus digalakkan. "Menanam kedelai sebenarnya banyak untung. Bisa menambah pendapatan. Di Indramayu saja, perputaran uang bisa mencapai 170 miliar per tiga bulannya dari kedelai. Kemudian keuntungan lainnya, penanaman kedelai itu menyuburkan tanah," ujarnya. (Muhammad Ashari/A-89/PRLM)

No comments

Powered by Blogger.