Header Ads

postimage

Pindang Gombyang Kepala Ikan Manyung, Kuliner Khas Indramayu

Indramayu - Bertandang ke Indramayu, tak lengkap jika tidak menikmati Pindang Gombyang. Pindang gombyang salah satu jenis kuliner khas masyarakat Indramayu yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Jangan menyangka jika pindang ini, seperti umumnya pindang di daerah lain atau daerah Priangan. Pindang bandeng misalnya. Pindang ikan bandeng, tanpa kuah dan lengkap satu ekor ikan bandeng.

Pindang gombyang berkuah, dan hanya bagian kepala ikannya dalam ukuran besar. Sebesar ikan kakap yang biasa didagangkan di Rumah Makan Padang.

Masakan pindang gombyang dari jenis ikan manyung. Ikan ini dikenal sebagai ikan bahan baku ikan asin jambal.

Itu makanya yang menjadi menu pindang gombyang ini hanya bagian kepalanya sedangkan, bagian tubuhnya diolah menjadi ikan asin jambal.

Kepala ikan manyung, oleh tangan terampil para juru masak tradisional masyarakat Indramayu diolah menjadi menu yang bisa mengundang selera makan. Kepala ikan manyung ini setelah dipisahkan dari tubuhnya direndam dalam larutan bumbu yang di antaranya menggunakan rempah-rempah.

Dalam pindang gombyang ini terasa rasa dan aroma blewah. Bahkan rasa pedas yang bisa mengundang nafsu makanpun dominan. Bagian kepala ikan, yang menjadi sajian utama menu pindang ini jadi empuk dan renyah.

Jangan salah juga, di bagian kepala ikan ini masih terdapat daging ikan yang gurih. Uniknya, kelezatan pindang gombyang ini sulit dibandingkan dengan menu pindang lainnya. Alhasil pindang gombyang memang kuliner khas Indramayu yang tidak terdapat di daerah lain.

Untuk menikmati kuliner ini tidak mahal. Cukup merogoh isi saku Rp35 ribu untuk satu porsi lengkap dengan nasi putih. Ingin mencoba? Pasti ketagihan. (Agus/Fokusjabar)

1 comment:

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Pindang Gombyang Kepala Ikan Manyung, Kuliner Khas Indramayu " .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Explore Indonesia by Universitas Gunadarma

    ReplyDelete

Powered by Blogger.