Header Ads

postimage

Puting Beliung Sapu 105 Rumah Warga Limbangan

Indramayu - Sebanyak 105 rumah milik warga desa Limbangan Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,mengalami kerusakan  akibat puting beliung, Minggu Sore(5/1) pukul 16.00 wib

Pantauan ER dilokasi kejadian menyebutkan, dari 105 rumah yang tertimpa musibah, 8 rumah diantaranya rusak parah dan 97 rumah risak ringan.

Andi, ketua RT 05/02,kepada FC menuturkan kejadian bermula hujan lebat dibarengi halilintar yang menyambar, tiba tiba angin datang secara mendadak dan menyapu ratusan rumah diwilayah desa limbangan, sesaat warga berhamburan keluar kendati hujan terus mengguyur wilayah tersebut.

“Kami bingung saat kejadian, karena hujan begitu deras, dan mengakibatkan beberapa genteng rumah warga banyak berhamburan runtuh, dan pohon2 mengalami tumbang menampar beberapa rumah,” ujarnya.

Menurut data yang dapat terhimpun sementara di RT 05/2  korban rumah genteng runtuh, Suyanto, untung, carmi, saroji, boncel, dasiri, dan warkum, sementara di Rt 15/04 parah  milik kasdiwan dan milik sunaryo, sulaiman, kacep gentengnya runtuh.

Adapun, korban di RT 07/3 blok karangpail  terparah milik pak yoyo, yang lainnya kerusakan tidak parah hanya berhamburan genteng milik ,Santodi, karma, budiman, kasmudi, daroni, musholah husnul khotimah, sangawi, kamid, waryadi, dirno dan masdirah.


Senada disampaikan Khaerudin, mantan ketua RT, membenarkan kejadian tersebut sekitar  jam 16.00 wib  ba’da asar, angin datang secara tiba tiba,hingga mengakibatkan  banyak rumah rusak, warga banyak yang nangis, kasihan, beruntung tidak ada korban jiwa hanya kerugian materi.

” Di RT 06/02 milik Wasri yang  parah dan  ambruk sementara yang laoinnya seperti rumah milik  Solikin, Sartinah, Kurnadi, Nakimah, Tardi dan  Suryono hanya kerusakan ringan saja,”tuturnya.

Terpisah di posko bencana desa Limbangan, Kuwu Limbangan, Nuradi mengatakan  kejadian tersebut adalah murni musibah puting beliung yang menimpa masyarakat diwilayahnya,  pihaknya berusaha untuk membantu rehab bagi  korban korban yang rumahnya rusak baik berat maupun ringan, diharapkan kesigapan dari pihak kepolisian dan unsur muspilka yang lainnya dapat dan  siap membantu masyarakat limbangan, pihaknya berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu dapat  membantu bencana yang menimpa warga limbangan baik moril maupun materil.

“Diperkirakan Kerugian secara keseluruhan mencapai  ratusan juta rupiah.kepada para korban agar sabar dalam menghapi musibah ini, kepada semua elemen masyarakat limbangan untuk dapat membantu warga yang tertimpa musibah,”pintanya.

Sementara itui Camat Juntinyuat  Sutrisno,SIP mengatakan,   bencana yang menimpa warga limbangan adalah murni musibah puting beliung maka pihaknya besrta unsur muspika yang ada saat ini sudah siaga satu,adapun antisipasi awal yang dilakukan dengan pemadaman aliran listrik untuk wilayah yang parah di RT 06/03,sementara bagi rumah rumah yang nilai rusak parah ada  5 yang terkena dampak 98 rumah, pihaknya akan melakukan cek lapangan, untuk yang ringan akan dilakukan secara swadaya diperbaiki, 5 rumah rumah yang parah  dibawah semi permanen.

“Besok pagi  bersama sama dengan  Ibu Bupati dan Kapolres, Muspida yang lain akan datang  untuk meninjau langsung, adapun untuk korban yang rumahnya parah seperti milik  wasri, yoyo, cartiyem untung, naimah, taryono, tarsih dan ali besok akan kita tinjau ke lapangan,”tuturnya.

Tampak berjaga jaga pihak Kepolisian dipimpin Kapolsek Juntinyuat AKP Karyaman,Danramil Juntinyuat Masrukin, dan perangkat desa limbangan terus bersinergi  untuk siaga I dan melakukan tindakan prepentif dala penanggulangan bencana dan kemungkinan kemungkinan yang terjadi dampak dari musibah tersebut.**(Ihs/ER).

No comments

Powered by Blogger.