Header Ads

postimage

Harga Gabah Di Kabupaten Indramayu Rp 4.700/Kg

Indramayu - Harga gabah kering giling (GKG) di Kabupaten Indramayu mencapai Rp4.700 per kg sedangkan untuk gabang kering panen (GKP) Rp4.300 per kg memasuki panen gadu yang dimulai Juli 2013. 
 
Harga GKG yang mencapai Rp4.700 per kg merupakan tingkat harga yang cukup tinggi dibanding harga GKG yang telah ditetapkan dalam Impres Nomor 3 Tahun 2012 tentang harga pembelian pemerintah (HPP) yang mematok GKP sebesar Rp3.300 per kg dan GKG sebesar Rp4.150 per kg.

Wakil Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu Sutatang mengatakan memasuki permulaan panen musim kering atau musim gadu harga gabah langsung melonjak baik gabang kering panen ataupun gabah kering panen.

“Kami prediksikan harga gabah akan terus naik karena petani di Indramayu kebanyakan tidak langsung menjual seluruh hasil panen,” katanya, Rabu (10/7/2013).

Sutatang mengungkapkan adanya ketakutan gangguan cuaca khususnya kemarau dan puso membuat petani memilih menahan stok gabah untuk tidak langsung dijual.

“Antisipasi yang dilakukan petani untuk menyimpan gabah inilah salah satu pemicu naiknya harga gabah,” ujarnya. (k3/yri/Bisnis Jabar)

No comments

Powered by Blogger.