Header Ads

postimage

34.400 Personel Siap Amankan Arus Mudik Pantura

Indramayu - Sedikitnya 34.400 petugas keamanan yang akan diterjunkan untuk menjaga arus mudik dan balik di pantura. Penegasan ini disampaikan Kapolda Jabar, Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno saat memantau persiapan arus mudik di Pos Aju Eretan, Indramayu, kemarin.

Puluhan ribu petugas keamanan itu, terdiri dari 20.200 anggota Polda Jabar, 3.200 anggota TNI, pemerintah daerah gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) 9.000 anggota, serta 2.000 anggota organisasi masyarakat maupun organisasi kepemudaan.

“Sampai saat ini, berdasarkan pantauan kami panjang perjalanan, kondisi jalur pantura sudah siap dilalui. Meski masih ada perbaikan jalan di beberapa titik, tapi diperkirakan dalam waktu dekat jalur pantura sudah beres dan dapat dilalui kendaraan. Hal yang harus paling diperhatikan dalam arus mudik nanti adalah pasar tumpah,” jelas Eko kepada wartawan, kemarin.

Sementara itu, Kapolres Indramayu AKBP G Pangarso Rahardjo Winarsadi didampingi Kasat Lantas AKP Irwandi mengatakan, untuk jalur pantura di Kabupaten Indramayu, sudah hampir rampung sepenuhnya. Bahkan persiapan jalur yang akan dilalui pemudik sudah maksimal, seperti menutup 290 median jalan yang dibuka tanpa izin, dan hanya membuka 28 median jalan dengan jarak kurang lebih 2 kilometer. Kemudian pemasangan barrier, tolo-tolo, dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas lainnya yang belum terpasang. Pihaknya juga menyiapkan 21 armada khusus untuk mengurai kemacetan. “Tidak saja pada jalur utama, untuk alternatif jalan pun kami sudah persiapkan,” jelas Pangarso. (sam/radar)

No comments

Powered by Blogger.