"Job Fair Indramayu 2012" Buka 9000 Lowongan Kerja



Indramayu - Menurut data yang diterima pihak Dinsosnakertrans Kab. Indramayu jumlah pencari kerja terhitung sejak bulan Januari – Mei tahun 2012 tercatat sebanyak 11.690 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan setiap tahunnya. “Jumlah itu, tidak sepadan dengan jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia,” tegas Bupati Indramayu, Hj Anna Shopanah Irianto ketika membuka "Bursa Job Fair Kerja", di Halaman Alun-Alun Pendopo Indramayu, Rabu (27/6).

Dikatakan Anna, bursa kerja yang melibatkan Dinsosnakertrans bekerja sama dengan pihak perusahaan yang terlibat dalam pencari pekerjaan diupayakan mampu menyerap tenaga kerja lokal minimal 5.000 orang. Sehingga penempatan kerja itu dapat mengurangi angka pengangguran di Kab. Indramayu yang dinilai setiap tahunnya mengalami peningkatan signifikan. “Kesempatan semacam ini harus benar-benar dioptimalkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indramayu, sehingga diupayakan mampu menekan jumlah angka pengangguran. Begitupula bagi unsur muspika maupun muspida, informasi ini agar cepat disebarluaskan kepada masyarakat,” harapnya.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kab. Indramayu, H. Wawang Irawan, S.H., M.H. mengatakan, bursa kerja yang melibatkan 30 perusahaan terdiri dari BUMN, BUMD maupun pihak swasta merupakan peluang kesempatan bagi masyarakat pencari kerja. Melalui sedikitnya 9.000 lowongan pekerjaan yang disediakan, terdiri dari lowongan untuk tenaga kerja lokal sebanyak 3.872 orang, tenaga kerja antar daerah sebanyak 680 orang dan tenaga kerja luar negeri sebanyak 5.289 orang. Diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran yang ada. “Saat ini, jumlah pengangguran yang terdata di Dinsosnakertrans Indramayu sebanyak 86.309 orang sedangkan jumlah angkatan kerja sebanyak sebanyak 764.785 orang,” paparnya.

Pembukaan bursa kerja, kata Wawang, yang bertepatan dengan waktu kelulusan siswa SMA/SMK maupun mahasiswa perguruan tinggi yang digelar selama tiga hari ini, supaya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat yang berminat mencari pekerjaan. “Dari jumlah lowongan yang tersedia cukup banyak itu, diupayakan minimal 2.000 orang asal Indramayu dapat menempati perusahan-perusahaan yang saat ini ikut terlibat dalam bursa kerja,”ujarnya. (sumber)
Powered by Blogger.