Header Ads

postimage

Harga Bawang Merah Melonjak di Indramayu



Indramayu - Harga sejumlah sayuran mengalami kenaikan. Tidak hanya itu, hingga kini harga beras pun masih tinggi.

Berdasarkan pantauan di Pasar Baru, Indramayu, Minggu (16/1), komoditas sayuran yang merangkak naik diantaranya bawang merah. Sepekan sebelumnya harga komoditas ini hanya Rp12 ribu/kg, namun sekarang sudah menjadi Rp18 ribu/kg. Selain itu ada pula tomat yang harganya naik menjadi Rp7 ribu/kg dari sebelumnya Rp4 ribu/kg.

Namun harga cabai merah sudah turun dalam kisaran harga Rp25 ribu hingga Rp28 ribu/kg dari sebelumnya yang mencapai di atas Rp50 ribu/kg. Sekalipun turun, harga ini belum seperti dalam kondisi normal yaitu Rp14 ribu/kg. Sedangkan cabai rawit saat ini pun sudah turun dan dihargai Rp35 ribu/kg dari sebelumnya yang mencapai Rp54 ribu/kg.

Seorang pedagang di pasar tersebut, Sapiyah, menjelaskan naiknya harga bawang merah dikarenakan musim panen yang telah berakhir.

"Selain itu curah hujan tinggi membuat pasokan bawang merah dari daerah sentra bawang merah terus berkurang," katanya.

Karena itu, harga bawang merah pun terus merangkak naik. Sedangkan turunnya harga cabai, menurut Sapiyah, karena meningkatnya pasokan dari petani di sejumlah daerah.

"Jika pasokan terus berdatangan, maka harga cabai bisa lebih turun lagi," katanya.

Selain sayuran, harga beras pun masih tinggi. Harga beras kualitas I saat ini masih Rp7.200/kg, sedangkan beras kualitas II Rp7 ribu/kg dan beras kualitas III seharga Rp6.800/kg. Harga beras di tingkat eceran akan lebih tinggi lagi, untuk beras kualitas I misalnya di tingkat eceran bisa mencapai Rp8 ribu/kg.

Pemilik salah satu kios beras di pasar tersebut, Wahyudi, menjelaskan jika masih tingginya harga beras dikarenakan telah habisnya masa panen 2010.

"Masa panen 2011 sendiri diprediksi baru akan terjadi pada Februari mendatang," katanya.

Hingga masa panen nanti, harga beras diprediksi belum akan turun. (MI)

No comments

Powered by Blogger.