Header Ads

postimage

Petani Indramayu Segera Tanam Kedelai Hitam



Indramayu - Sejumlah petani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang tergabung dalam kelompok tani Sayuran Dataran Rendah "SADAR" segera menanam kedelai hitam pesanan salah satu perusahan makanan terkenal di Indonesia.

Ir Anang penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, kepada wartawan di Indramayu, Sabtu, mengatakan kelompok tani Sayuran Dataran Rendah di pantura akan segera menanam kedelai hitam yang memilik nilai jual cukup tinggi.

"Kedelai hitam cocok ditanam di daerah pesisir pantai, selain itu hasil panen petani sudah ada yang menampung kesebuah perusahaan pengolahan makanan yang cukup terkenal, sehingga petani tidak repot menjual hasil panen tersebut," katanya.

Dia menjelaskan, keberhasilan kelompok tani Sayuran Dataran Rendah di Indramayu, menarik sejumlah perusahaan pengolahan makanan untuk bergabung dan memasok kebutuhannya, diantaranya kedelai hitam, cabai jenis biola, sayuran pakchoy, dan kembang kol.

Dia menambahkan, kepercayaan perusahaan besar untuk bekerja sama dengan memasok kebutuhannya, sangat menguntungkan petani, karena petani sudah terjamin hasil panen akan tersalurkan, mereka tidak akan terjebak oleh harga bandar yang sering merugikan.

Ketua Kelompok tani Sayuran Dataran Rendah Indramayu Muhidi menuturkan, keberhasilan kelompoknya dapat meningkatkan daya beli petani, karena petani dapat menjual hasil sesuai dengan keinginan mereka.

"Terbentuknya kelompok tani, dapat meningkatkan pengetahuan tentang pertanian, bisa bersatu menjual hasil panen langsung kepada sasarannya," katanya.

Dia menambahkan, dengan kelompok tani binaan dari Dinas Pertanian terus diupayakan, supaya petani lebih sejahtera dan pinta memilih jenis tanaman yang cukup potensial, baik pemasarannya juga pemeliharaan lahan pertanian.

"Berbagai langkah maju telah berhasil diciptakan kelompok tani Sayuran Dataran Rendah, seperti pemasok tetap sayuran daun ke Singapura, Taiwan, juga keberbagai kota besar di Indonesia," katanya.

Dikatakannya, rencana penanaman kedelai hitam karena sudah ada tawaran dari sebuah perusahaan pengolahan makanan dari Jakarta, untuk bekerja sama memasok kebutuhan kedelai hitam tersebut, dengan adanya kerja sama petani tinggal memelihara tanamannya. (Ant)

No comments

Powered by Blogger.