Header Ads

postimage

Pengganti Trafo Yang Meledak di Kuningan Siap Pasang



Kuningan - Tiga trafo pengganti trafo yang meledak di Gardu Induk (GI) PLN Pancalang Mandirancan, Kab. Kuningan siap dipasang untuk menormalkan pasokan listrik kepada ribuan pelanggan di wilayah Kab. Kuningan, Kota dan Kab. Cirebon serta Kab. Indramayu.

Ketiga trafo dengan kapasitas 500 mVA, 500/150 kVA tersebut tiba di Pelabuhan Cirebon dengan kapal tongkang Minggu (5/9) sekitar pukul 10.00 WIB.

Proses pembongkaran trafo merk Arefa-Turki dengan berat total 360 ton, yang dilakukan dengan alat berat, sampai Senin (6/9) masih berlanjut.

Menurut informasi, pengangkutan ketiga trafo ke Mandirancan akan mulai dilakukan Senin (6/9) malam sampai Selasa (7/9) malam. Untuk mengangkut ketiga trafo dengan segala asesoris dan perlengkapan lainnya, setidaknya melibatkan 30 truk.

Manager Area Pelayanan dan Jaringan PLN Cirebon Mat Dahlan yang dikonfirmasi menyatakan, ketiga trafo tersebut diambil dari Bekasi.

Dikatakan, Mat Dahlan, kalau harus pesan trafo baru bakal membutuhkan waktu sampai sembilan bulan. "Kalau pesan baru, dari mulai proses tender sampai barang jadi, mungkin akan membutuhkan waktu sampai sembilan bulan. Karena trafo jenis itu tidak ada yang siap dibeli," kata Mat Dahlan di ruang kerjanya Senin (6/9).

Dikatakan dia, proses pengiriman trafo dari Pelabuhan Cirebon sampai Mandirancan Kuningan, minimal membutuhkan waktu dua hari. Selain karena truk khusus pengangkut trafonya hanya satu, pengiriman juga harus menunggu waktu malam hari saat, jalanan sepi. "Apalagi sekarang kan jalan-jalan kan rame karena arus mudik sudah mulai terjadi," katanya.

Menyinggung soal penyebab pasti terbakarnya trafo tersebut, Mat Dahlan menyatakan, sejauh ini belum ada hasil pasti dari penyelidikan yang juga melibatkan tim dari Mabes Polri. "Sementara ini fokus kami kepada pemulihan dulu. Namun penyelidikan juga terus dilakukan, untuk mengetahui sebab pastinya sehingga kejadian serupa tidak terulang," ucapnya. (PR)

No comments

Powered by Blogger.