Header Ads

postimage

Iis Dahlia, Mudik dan Ngobrog



Indramayu - Sudah menjadi tradisi bagi pedangdut Iis Dahlia pulang mudik ke kampung halamannya di Indramayu, Jawa Barat. "Dari sini kan dekat. Mudik kali ini masih menunggu jadwal suami terbang. Mungkin Lebaran kedua baru kita mudik," ujar istri pilot Satrio Dewandono ini.

Di kampungnya, Iis mengaku telah menyiapkan berbagai hal untuk berlebaran di sana. Termasuk berlebaran bersama warga di lingkungan tempat tinggalnya. "Biasanya, kita nyiapin makanan untuk warga, silaturahim dan maaf-maafan," katanya.

Berlebaran di kampung halaman, tentu selalu membawa suasana nostalgia yang tak pernah terlupakan. Yang bikin Iis Dahlia selalu rindu berlebaran di Indramayu adalah tradisi kesenian obrog.

Kesenian ini menjadi tradisi khas bulan Ramadhan dan Lebaran warga Indramayu dan Cirebon yang akan melaksanakan ibadah puasa. Biasanya mereka membangunkan orang untuk sahur sambil berjalan berkeliling kampung-kampung.

Uniknya, saat Lebaran masyarakat akan memberi uang, beras, atau makanan sebagai tanda terima kasih telah dibangunkan sahur selama bulan puasa. "Anakku yang paling suka. Dulu, waktu masih kecil, aku juga senang kalau mereka lewat rumah. Pas, Lebaran kita kasih beras, uang atau makanan. Nah, Lebaran nanti aku juga sudah siapkan makanan juga buat mereka," ujar pelantun "Bunga Seroja" itu. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.