Header Ads

postimage

Gunakan Tanah Liat Buat Bangun Rumah



Indramayu - Harga material bangunan khususnya pasir dan semen makin mahal menjadikan sebagian warga Kecamatan Terisi dan Cikedung membangun rumah menggunakan adukan tanah liat.

Bangun rumah dengan adukan tanah liat itu kata Wastaman, 48 warga Desa Amis Kecamatan Cikedung pernah digunakan para nenek moyang membangun rumah tempo dahulu.

Adukan itu terdiri dari campuran tanah liat, dedak kasar dan air itu kata Ralim, 43 seorang tukang bangunan, warga Desa Babakan Jaya Kecamatan Gabuswetan terpaksa dipilih warga karena adukan biasa yang menggunakan campuran pasir, semen dan air itu harganya relatif mahal. Sehingga tak mampu dijangkau warga, terutama warga miskin.

Menurut Rasim, 51 salah seorang pemilik rumah yang menggunakan adukan tanah liat mengemukakan, adukan tanah liat itu bisa mengirit biaya pembuatan rumah. Adukan tanah liat mudah dibuat. Materialnya gratis. Tanah liat digali dari halaman rumah. Dedak diambil dari pemilik penggilingan padi.

Cara membuat adukan tanah liat itu pun mudah. Tanah liat, dedak kasar dan air dimasukkan ke lubang tanah lalu diuleni dengan cara diinjak-injak dengan kaki sampai campuran itu jadi lengket.

Setelah selesai, adukan langsung digunakan, layaknya tukang bangunan menggunakan adukan pasir dan semen memasang batu merah. (sumber)

No comments

Powered by Blogger.