Kapal Ikan Terdampar, Puluhan Nelayan Selamat



Indramayu - Kapal ikan yang ditumpangi belasan nelayan tradisional asal Pekalongan, terhempas ombak setelah nahkoda gagal mengatasi cuaca buruk, dan . terdampar di Pulau Cendekia, sekitar 40 Mil arah utara Kecamatan Indramayu.

Pejabat pada Kantor Pelabuhan Indramayu, Koko dihubungi Pos Kota di Balongan, Kamis (28/1) membenarkan peristiwa terdamparnya kapal ikan nelayan di sekitar Pulau Cendekia.

Memang betul ada kapal ikan yang ditumpangi beberapa orang nelayan terdampar di Pulau Cendekia. Tapi yang terdampar itu bukan nelayan Indramayu, melainkan nelayan dari Pekalongan,” ujar lelaki berkumis tebal itu.

Dikatakan, semua awak kapal dalam kondisi selamat. Nahkoda kapal ikan itu belum bisa meneruskan pelayaran ke daerah asal karena ada beberapa peralatan mengalami kerusakan, sehingga perlu diperbaiki.

Wastam, 48, salah seorang nahkoda di Pusat Pendaratan Ikan Karang Song Indramayu mengemukakan, perairan sekitar Pulau Cendekia dari dahulu dikenal sangat rawan kecelakaan di laut. Sudah banyak kapal nelayan yang terdampar di sekitar pulau itu.

“Di sekitar perairan Pulau Cendekia,sering ditemui angin ulur-ulur yang menerpa kapal-kapal nelayan yang kebetulan melintas. Selain itu, juga banyak palung atau lekukan pada dasar laut. Kedalaman palung ada yang mencapai puluhan meter, bisa membahayakan keselamatan pelayaran,” katanya. (PK)
Powered by Blogger.