Header Ads

postimage

Hujan Tak Surutkan Warga Indramayu Sholat Ied



Indramayu - Suasana Sholat Idul Adha di Kabupaten Indramayu diwarnai dengan hujan gerimis yang terjadi diseluruh wilayah Indramayu. Suasana ini tak menyurutkan warga masyarakat Indramayu untuk berduyun-duyun datang ke berbagai masjid disetiap penjuru desa dan kota. Di Masjid Agung Indramayu pelaksanaan Sholat Idul Adha yang semula dijadwalkan di gelar di alun-alun, namun karena cuaca yang tidak mendukung akhirnya panitia memindahkan sholat kedalam masjid.

Didalam Masjid Agung, ribuan jamaah memadati setiap sudut dan halaman yang telah disediakan untuk memanjatkan puji-pujian kepada sang kholik. Sementara di alun-alun Indramayu yang semula hendak dijadikan tempat sholat, podium dan soundsystem dibiarkan terguyur hujan.

Ketua panitia pelaksana sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban Drs. H. Syafrudin mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya perubahan cuaca ini sehingga segala sesuatunya bisa diantisipasi. Ia menambahkan, di Masjid Agung Indramayu pada hari raya Idul Qurban tahun ini menerima titipan hewan qurban sebanyak 3 ekor sapi dan 48 ekor kambing. “Daging hewan qurban ini didistribusikan ke sejumlah masjid, mushola, dan rumah yatim” katanya. Pada tahun ini mengalami penurunan jumlah hewan qurban dibanding tahun sebelumnya.

Sementara itu khotib dalam sholat Idul Adha Drs. H. Ari Nuruzzaman mengungkapkan, makna ibadah qurban saat ini harus kembali diluruskan. Dimana masih ada anggapan bahwa ibadah qurban adalah bersifat konsumtif, padahal sebetulnya adalah pemerataan bagi para fakir miskin untuk dapat menikmati daging hewan qurban yang sebenarnya jarang sekali dikonsumsi. “Ibadah qurban jangan dimaknai secara sempit yakni kita mengkonsumsi daging secara berlebihan dan konsumtif, namun kita harus membaginya kepada para fakir miskin agar mereka juga bisa menikmatinya,” jelasnya.

Dalam sholat Idul Adha tersebut hadir Bupati Indramayu DR. H. Irianto M.S. Syafiuddin, Sekretaris Daerah Drs. H. Supendi, M.Si, Dandim 0616 Hindro Martono, para kepala OPD, dan ribuan masyarakat Indramayu. Seusai pelaksanaan sholat Idul Adha Bupati Indramayu menyerahkan satu ekor sapi kepada panitia untuk dikurbankan. Setelah itu seperti biasa Bupati Indramayu DR. H. Irianto M.S. Syafiuddin beserta ibu Hj. Anna Sophana melakukan open house di pendopo Indramayu yang mendaptkan respon positif dari ratusan masyarakat Indramayu. (dens)

No comments

Powered by Blogger.