Header Ads

postimage

Dishub Indramayu Siapkan BBM Gratis Bagi Pemudik

Indramayu - Para pemudik kendaraan bermotor yang melalui jalur utama 'tengkorak' pantura Kabupaten Indramayu, Provinsi Jabar, tak perlu khawatir dan cemas bila kendaraannya mogok karena kehabisan bahan bakar minyak (BBM) khususnya jenis premium.

Pasalnya, Dinas Perhubungan (Dishub) setempat menyediakan angkutan khusus pengangkut BBM, yang diberikan secara gratis kepada pemilik kendaraan bermorot yang kehabisan bensin.

''Intinya, kita ingin membantu kelancaran berlalu lintas para pemudik yang menghadapi masalah kehabisan bahan bakar terutama bensin,'' kata Kadishub Kabupaten Indramayu, Umar Budi, (14/9).

Bahan bakar jenis bensin yang diberikan secara gratis itu, sambung dia, jumlahnya hanya satu liter. Jumlah itu, kata Umar, dimaksudkan agar kendaraan yang mogok karena kehabisan bensi bisa dihidupkan kembali. ''Harapannya, setelah mesin kendaraan itu hidup lagi, maka si pemiliknya bisa mencari SPBU terdekat untuk melakukan pengisian ulang,'' katanya menjelaskan. Dengan cara demikian, imbuh dia, maka para pemudik bisa aman melakukan perjalanan mudiknya.

Dikatakan Umar, upaya yang dilakukannya itu sebagai wujud kepedulian Dishub Kabupaten Indramayu kepada para pemudik yang membutuhkan pertolongan. ''Ini memang baru yang pertama kali dilakukan jajaran Dishub Kabupaten Indramayu. Kami pun ingin membantu para pemudik hingga bisa pulang ke kampung halamannya tanpa adanya hambatan berarti,'' katanya menandaskan.

Umar menjelaskan, kendaraan milik Dishub Kabupaten Indramayu yang digunakan untuk membawa BBM gratis itu, bersifat mobil. Artinya, kata dia, kendaraan itu bergerak sepanjang jalur utama dan alternatif dari mulai perbatasan dengan Kabupaten Subang hingga Kabupaten Cirebon sepanjang 114 km.

''Kendaraan ini akan menyisir jalur sepanjang itu setiap saat. Bila ditemukan kendaraan bermotor baik ruda dua maupun roda empat yang kehabisan bensi, maka pihaknya akan segera memberikan bantuan BBM,'' katanya. Dia menambahkan, untuk membantu proses kelancaraan arus kendaraan mudik lebaran kali ini, Dishub Indramayu mengerahkan sebanyak 100 anggotanya.

No comments

Powered by Blogger.