Berstatus Terdakwa, Tetap Dilantik Jadi Anggota DPRD Indramayu

Indramayu - Hari Rabu (12/8) ini, 50 calon anggota DPRD Kab Indramayu terpilih, akan diresmikan dan diambil sumpahnya. Dewan ini, berasal dari delapan parpol yaitu, Partai Golongan Karya (PG), Hanura, Gerindra, PKS, PKB, PPP, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat.

Hal itu dikemukakan Sekretaris DPRD, Wawang Irawan, SH,MH, Papat Paripurna Istimewa peresmian dan pengambilan sumpah keanggotaaan DPRD periode 2009-2014, akan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Indramayu, Ramli Darasah, SH, MH bertempat di Pendopo sekitar pukul 08.30 WIB.

Pejabat yang akan menghadiri acara ini diantaranya Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan, Bakorwil Cirebon, pejabat Muspida, Muspika, mantan anggota DPRD 2004-2009, KPUD, Panwaslu, UPTD/UPTB, Muspika, para pemimpin parpol/ormas dan undangan lainnya.

Dikatakan Wawang, ke 50 calon anggota DPRD terpilih tersebut sebelumnya telah menerima undangan, setelah SK Gubernur Jawa Barat diterima. Surat undangan telah kami sampaikan pada semua calon anggota DPRD terpilih yang akan diambil sumpahnya, jelasnya.

Soal hadir-tidaknya, menurut Wawang bukan merupakan urusannya. Ia menolak menunjukkan SK Gubernur dengan alasan belum waktunya diperlihatkan. Yang jelas, SK Gubernur dan pengumuman pimpinan sementara dewan, akan saya bacakan sebagai tugas Sekwan, katanya.

Ketua lama merasa siap
Untuk jumlah fraksi diperkirakan ada lima karena empat anggota boleh membentuk satu fraksi. Hal ini mengingat Susduk yang baru belum di-LN-kan (Lembaran Negara Red), ujar Wawang.
Untuk Partai Golkar yang beberapa hari lalu telah sepakat berkoalisi dengan Partai Hanura dalam satu wadah Fraksi Partai Golkar, berarti tinggal empat fraksi. Kemungkinan yang terjadi, keempat fraksi tersebut adalah Partai Demokrat, PKS, PDIP dan gabungan Partai Gerindra, PPP dan PKB.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada kepastian tentang Calon Ketua dan Wakil Ketua DPRD sementara, walau dipastikan kursi-kursi tersebut akan jatuh pada PG dan PDI Perjuangan sebagai peraih kursi terbanyak satu dan dua.

Ketua DPRD periode 2004-2009 Drs H Moh Hasyim Junaedi SAg, MBA ketika dikonfirmasi sebelum mengikuti rapat internal PG pada Selasa sore (11/8), merasa siap manakala Ketua DPD Partai Golkar Kab Indramayu DR H Irianto MS Syafiuddin, menaruh estafet kepercayaan pada kader PG lainnya.

Sebagai amanah rakyat dan amanah partai, saya tetap loyal dan mendukung. Saya berterima kasih pada Ketua DPD PG yang telah memberi amanah selama lima tahun menjadi Ketua DPRD dan terima kasih pada rakyat yang memilih kembali menjadi anggota legislatif tutur Hasyim.

Jadi terdakwa
Terkait tersandungnya salah satu calon anggota DPRD bernama Drs H Sanuri Ghofur yang menjadi terdakwa atas kasus dugaan korupsi dana partai tahun 2006 sebesar Rp69 juta asal PKB, dianggap tidak akan mempengaruhi kekhidmatan acara.

Terdakwa telah mendapat surat penetapan dari PN Indramayu tentang Perubahan Status dari tahanan PN ke Tahanan Kota berdasar No.391 A/Pid.B/2009/PN. IM.
Berdasarkan penetapan KPUD Indramayu Nomor 13/KPU.Im.Kab/V/2009 tanggal 16 Mei 2009, parpol-parpol yang mendapat kursi di DPRD Indramayu sbb.: Partai Golkar (24 kursi), Partai Hanura (dua kursi), Partai Gerindra (dua kursi), PKS (empat kursi), PKB (lima kursi), PPP (satu kursi), PDI Perjuangan (tujuh kursi) dan Partai Demokrat (lima kursi).

Ke 50 orang anggota DPRD itu selengkapnya adalah sebagai berikut, Partai Golkar: Drs H Abdul Rozaq Muslim, MSi; Asniah Darpadi; Hj Anna Sophanah; H Kandiyah; Drs H Soekarno Ermawan, MM, MBA; Sumarno Martaatmaja; H Kasum; Hj Emi Jumiarsih, SE; Drs H Daddy Tarsatiady; Toto Kuryanto, SAg, MHum; M Alam Sukmajaya, ST; Anis Khoirunnisa, STh.I; Atoillah Dalil; Asep Didit Suilman, ST; Dedy Rahmatullah; Syaefudin; Hj Cholida Dwiyantiningrum; Taufik Hidayat, SH; H. Uryanto Hadi, SH, SE; Dra Hj Nurhayati; Drs H Muhaemin; dan HM. Hasyim Junaedi, SAg, MBA. PDIP: Ruwadi Budiman, Wahyudi, Ruslandi, TH Benny, SE., Lilyana LD, AMp., Kuswanto, Carto.

Partai Demokrat: Trisnoningsih, Ir Harris Solihin, Raden Rio Resmana, ST, Rofiqoh, SPdI, H Abdullah Thohir. PKB: Drs H Sanusi Ghofur, Dalam, SH., CN, Abdul Munir Amari, SPdI, Ahmad Khudzalifah, SPdI, H. Juendi, MSi.. PKS: Mislam, H Suwarto, Hadi Hartono, H. Salimi Soleh, SPd.. Gerinda: H. Kasan Basari dan H. Affi Arfandhy. Hanura: H. Ali Wardana, SE. dan Drs H Didi Royandi, SH. PPP: H Fatoni, MPdI.
Powered by Blogger.