499 Caleg Bersaing Rebut 50 Kursi

Jumlah Partai Raih Kursi Dewan Diprediksi Bakal Bertambah
INDRAMAYU
– Pesta demokrasi untuk memilih calon anggota legislatif akhirnya tiba, Kamis (9/4) ini. Untuk pertama kalinya wakil rakyat akan benar-benar dipilih langsung oleh rakyat, bukan oleh partai. Untuk DPRD Kabupaten Indramayu, tercatat ada 499 caleg yang akan bersaing memperebutkan 50 kursi dewan atau lebih banyak 5 kursi dibandingkan pemilu 2004 yang hanya 45 kursi. Tentunya layak untuk kita tunggu bagaimana perolehan suara masing-masing partai, serta komposisi kursi di DPRD Indramayu.
Sekretaris KPUD Indramayu, Drs Ivan Casripan MSi mengatakan, dalam pemilu legislatif 2004 dari 45 kursi yang diperebutkan Partai Golkar berhasil meraih 20 kursi DPRD, disusul PDI Perjuangan 11 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 8 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 3 kursi, Partai Bulan Bintang (PBB) 2 kursi, dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1 kursi.
Bagaimana dengan Pemilu 2009 ini? Apakah hanya 6 partai lagi yang akan mendapatkan kursi? Banyak yang memprediksi, akan terjadi perubahan dalam komposisi kursi di DPRD Indramayu. Partai seperti PKS (Partai Keadilan Sejahtera) dan Partai Demokrat kemungkinan besar akan mampu menempatkan wakilnya di DPRD. Belum lagi sejumlah partai baru seperti Gerindra dan Hanura yang cukup populer di masyarakat akhir-akhir ini.
“Prediksi saya PKS dan Demokrat serta kemungkinan juga Gerindra akan mampu meraih kursi di DPRD,” kata Fuzail A Syahbana, pemerhati masalah politik di Indramayu.
Menurutnya, banyak faktor yang membuat komposisi kursi di DPRD akan mengalami perubahan. Selain banyaknya caleg serta partai baru, juga akan terjadi kejenuhan terhadap partai-partai lama. Sementara sejumlah partai juga masih dilanda persoalan intern sehingga tidak mampu memaksimalkan perolehan suaranya. (oet)
Powered by Blogger.