Kartu Suara Banyak yang Rusak

INDRAMAYU – Pemilu 2009 tinggal sebulan lagi. Meskipun demikian masih banyak terjadi persoalan di lapangan. Salah satunya adalah menyangkut kartu suara dimana banyak yang rusak dan jumlahnya kurang. Seperti diungkapkan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Juntinyuat, Marzuki Fathani didampingi anggotanya Yustiti SE dan Rudin Abdurahman SH, Senin (9/3).
Marzuki menjelaskan, dari jumlah kartu suara untuk DPR RI sebanyak 67.418 lembar, ternyata yang rusak mencapai 4.235. Selain itu juga masih terdapat kekurangan 3.814 kartu suara. Sementara kartu suara untuk DPRD kabupaten dan DPD bahkan belum dikirim.
“Kami memang kecewa dengan banyaknya kartu suara yang rusak. Selain itu kami juga berharap agar sisa kartu suara yang belum dikirim bisa secepatnya dikirim,” harapnya.
Dikatakannya, untuk melipat kartu suara tidak cukup dalam hitungan hari dan minimal satu minggu baru selesai. Dengan kondisi seperti sekarang, dimana banyak kartu suara yang belum dikirim dan banyak pula yang rusak, dikhawatirkan akan mengganggu tahapan pelaksanaan pemilu.
Sementara untuk melakukan pelipatan dan penyortiran kertas suara, PPK melibatkan seluruh anggotanya beserta anggota PPS dari setiap desa. Hal ini dilakukan agar proses pelipatan bisa lebih cepat selesai.
Adapun jumlah pemilih di Kecamatan Juntinyuat mencapai 64.684 hak pilih. Marzuki berharap dari jumlah tersebut semuanya akan memberikan hak suaranya pada tanggal 9 April mendatang. (oet)
Powered by Blogger.