Penderita Kanker Akhirnya Dibantu Pemkab

INDRAMAYU–Wastiri (45), penderita kanker payudara asal Desa Majakerta RT 08 RW 03 Kecamatan Balongan, akhirnya dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung guna mendapatkan perawatan lebih intensif, Senin (9/2). Keberangkatannya atas inisiatif Pemkab Indramayu, dan diantar oleh staf kecamatan Balongan, bidan desa, pamong desa, perawat, serta dari Bagian Kesra Setda Indramayu.
Camat Balongan, Drs H Bastoni MSi mengatakan, Wastiri memang telah lama menderita kanker payudara sebelah kiri. Namun karena dari pihak keluarga merasa tidak memiliki biaya untuk berobat, kondisinya pun tetap tidak berubah. “Berkat informasi dari warga, akhirnya kami melaporkan masalah ini ke Pemkab Indramayu dengan harapan bisa mendapatkan bantuan pengobatan. Alhamdulillah mendapat respons positif dari pak Bupati Yance, sehingga penderita akhirnya kami rujuk ke Bandung,” ungkap Bastoni, Senin (9/2).
Sementara Asda II Setda Indramayu, Drs H Ari Nurzaman MM menjelaskan, penderita kanker payudara tersebut memang mendapatkan bantuan pengobatan dari pemkab. Dikatakannya, bantuan pengobatan tersebut berasal dari dana Gempur Gakin (Gerakan Masyarakat Peduli Rakyat dan Keluarga Miskin).
“Kita memang beruntung karena pemkab memiliki program Gempur Gakin, dimana uang yang terkumpul sudah mencapai miliaran rupiah. Manfaat dana ini diantaranya untuk membantu warga yang tidak mampu, seperti penderita kanker asal Desa Majakerta, Kecamatan Balongan ini,” terang Ari.
Ari juga berharap kepada masyarakat agar segera melaporkan ke desa atau kecamatan setempat apabila menjumpai ada warga yang menderita karena penyakit, namun tidak memiliki kemampuan biaya. (oet)
Powered by Blogger.